Translate

Monday, February 29, 2016

Asia Tengah

ASIA TENGAH

Asia Tengah adalah sebuah kawasan yang terkurung daratan di Benua Asia dan luas dengan daratannya yang bervariasi. Secara geografis kawasan Asia Tengah mencangkup 9.029.000 km², atau 21% dari benua. Pada masa lampau, Kawasan Asia Tengah dihuni oleh orang normadik seperti :
  • Xiongnu (Hun)
  • Orang Turkic
  • Yuezhi (Tocharian atau Kushan)
  • Warga Iran
  • Kaum Indo-Eropa
  • Mongol
Lebih dari 80 juta manusia tinggal di Asia Tengah ±2% dari jumlah populasi Asia. Kepadatan penduduk di Asia Tengah ialah 9 orang per km², kurang dari 80,5 orang per km² di benua Asia. Dan diantara wilayah Asia hanya Asia Utara yang memiliki jumlah penduduk paling sedikit.

Asia Tengah telah lama menjadi wilayah perdagangan antara Tiongkok dan masyarakat Barat,pada Jalur Sutra yang melewati wilayah ini dan meluas ke banyak kerajaan disini. Pada masa lalu tepat pada abad ke lima perlahan-lahan wilayah ini dijajah oleh ke kaisaran Rusia dan Kerajaan Tiongkok, sedangkan Britania Raya menduduki India di bagian selatan Asia Tengah. Kemudian pada abad ke dua puluh wilayah Asia Tengah bergabung dengan negara aliran Komunis Uni Soviet yang telah pecah pada tahun 1991. Namun negara-negara tersebut pergi meninggalkan aliran komunis dan sekarang telah mengikuti sistem politik yang terdiri dari demokratis lemah hingga sekarang menjadi otoriter. Kebanyakan negara di Asia Tengah bergabung dalam Organisasi kerjasama Shanghai

No comments:

Post a Comment

Kritik dan Sarannya