Translate

Wednesday, February 17, 2016

Laos

Laos

Laos adalah Negara Republik yang dikelilingi daratan dan terletak di bagian utara semenanjung indochina. Nama negara ini merujuk ke suku bangsa mayoritas yang disebut Lao. Nama Laos sendiri berasal dari perkataan perancis. Dimana saat itu negara Perancis adalah salah satu jajahan di Indocina. Jadi akibat pengaruh sistem bahasa perancis  yang tidak bisa mengucapkan bahasa "S" diakhir kalimat,maka diucapkannya menjadi Lao. Meskipun demikian nama Laos dalam dunia internasional tetaplah Laos.  Nama asli Laos adalah Muang Lao atau Pathet Lao yang memiliki arti "Negara Laos".

Laos berasal dari kata Lan Xang yang berarti Negara seribu gajah. Negara ini adalah salah satu negara yang tidak memiliki pantai. Pada Desember 1975 laos berubah nama menjadi Republik Demokratik Laos. Ibukota Laos adalah Vientiane yang mana orang lokal sering menyebutnya sebagai VengChan yang berarti "Kota Sandal Kayu". Tapi sekarang lebih dikenal sebagai Kota Rembulan. Negara ini sering disebut sebagai Negara LandLock. Apa itu Land lock ? Land lock adalah sebuah sebutan untuk suatu negara yang tidak memiliki laut atau pantai. Negara Laos sudah dihuni sejak 10.000 tahun yang lalu dan yang menghuni pertama kali adalah Khmers.

Rata-rata orang Laos terkenal dengan kesabaran dan kesederhanaannya, Sebagian besar orang-orang di Laos beragama Budha. Berdasarkan etnisnya negara Laos dibagi ke dalam empat kelompok yaitu etnis Lao Lum letaknya berada di dataran rendah, Lao Tai berada di daerah dataran tinggi dan pusat, Lao Theung berada di daerah lereng gunung dan yang terakhir adalah etnis Lao Soung yang berada di daerah puncak gunung.

No comments:

Post a Comment

Kritik dan Sarannya