Translate

Wednesday, February 17, 2016

Brunei Darussalam

Brunei Darussalam

Brunei adalah sebuah negara tertua diantara kerajaan-kerajaan tanah melayu. Kata Darussalam berasal dari bahasa arab yang mana berarti "Tempat Yang Damai" atau "Rumah Keamanan" disematkan pada abad ke 15 oleh Sultan Ke 3 yang bernama Syarif Ali.Syarif Ali adalah seorang Ahlul Bait dari keturunan/pancir dari Cucu Rasulullah SAW yaitu Amirul Mukminin Hasan/Syaidina Hasan sebagaimana yang tertulis dalam Batu Tarsilah. Keberadaan Brunei ini diperoleh dari Catatan China, Arab dan Tradisi Lisannya. Didalam catatan China terdapat nama Po-li,Po-lo,Poni,Puni dan Bunlai, dan dalam catatan Arab disebut Dzabaj atau Randj sedangkan menurut catatan Tradisi  Lisan diperoleh Syair Awang Semaun yang menyebutkan bahwa Brunei berasal dari kata "Baru Nah" yang berarti tempat itu sangat baik, berkenan dan sesuai dihati mereka untuk mendirikan negeri seperti mereka inginkan.

Adapun silsilah kerajaan Brunei didapatkan dalam sebuah batu, yang mana batu tersebut disebut sebagai batu Tarsilah. Didalam batu Tarsilah tersebut tertulis nama Awang Alak Betatar. Seperti yang kita ketahui Awang Alak Betatar adalah Orang yang pertama kali menjadi raja di Negara Brunei, Beliau adalah pemeluk agama islam.

Kerajaan Brunei adalah negera yang memiliki corak pemerintahan Monarki Absolut dengan Sultan yang menjabat sebagai Kepala Negara  dan Kepala Pemerintahan. Iklim brunei cenderung tropis, karena letaknya berdekatan dengan garis khatulistiwa. Dan adapun ibukota Brunei sendiri adalah Bandar Seri Begawan dan bermata uang Dollar Brunei

No comments:

Post a Comment

Kritik dan Sarannya