Translate

Wednesday, February 17, 2016

Myanmar


Myanmar

Myanmar dahulu sering disebut sebagai Burma/Birma. Negara Myanmar adalah sebuah negara yang terletak di Asia Tenggara yang berbentuk RepublikPersatuan Myanmar. Ibukota negara ini sebelumnya terletak di Yangon namun kini telah berpindah ke Naypyidaw pada november 2005.

Myanmar merupakan salah satu anggota ASEAN yang dulunya dikenal sebagai Burma. Seperti halnya dengan negara yang lain. Myanmar juga memiliki latar belakang historis yang menjadi cikal bakal pembentukan identitas negara Myanmar itu sendiri. Myanmar merupakan salah satu negara bekas jajahan inggris dimana saat itu inggris merupakan negara yang mengawali hadirnya demokrasi.

Perubahan nama Burma menjadi Myanmar dilakukan oleh pemerintah pada Juni 1989. Adapun tujuan penggantian nama ini agar etnis non-Burma merasa menjadi bagian dari negara,walaupun begitu perubahan negara tersebut tidak sepenuhnya diadopsi oleh dunia internasional. .

Secara astronomi Myanmar terletak pada 11°LU – 28°LU dan 92°BT – 100°BT. Wilayah Myanmar saat ini masih di dominasi sebagai area Hutan. Dahulunya negara Myanmar adalah negara penghasil beras utama di wilayah Asia Tenggara, namun seiring dengan kemajuan pertanian diberbagai negara kini negara ini menempati urutan ke-enam sebagai negara penghasil beras di Asia Tenggara.

No comments:

Post a Comment

Kritik dan Sarannya