Translate

Wednesday, March 2, 2016

ASIA TENGGARA


ASIA TENGGARA

Asia Tenggara adalah Sebuah kawasan yang berada di Benua Asia dan terletak di Bagian Tenggara benua Asia. Asia Tenggara dikelilingi oleh Laut dan Selat. Adapun Laut yang termasuk dalam kawasan ini adalah Laut Hindi, Laut Pasifik,Laut Cina Selatan,Laut Sulu,Laut Jawa dan Laut Sulawesi dan juga dikelilingi oleh selat terbesar yaitu Selat Malaka.

Seperti yang kita ketahui, Asia Tenggara juga termasuk Negara terbesar di Benua Asia ini, Salah satunya Indonesia. Siapa yang tidak tahu Indonesia ? Indonesia adalah suatu negara yang memiliki jumlah penduduk paling ramai di negara ini, tidak hanya Indonesia negara lain seperti Singapura yang terkenal sebagai Negara terkecil dan juga memiliki kepadatan penduduk paling tinggi, lalu Brunei yang memiliki penduduk paling sedikit kemudian Myanmar yang memiliki gunung tertinggi di Asia Tenggara setelah itu Filipina yang memiliki jurang terdalam dan juga negara-negara lainnya. 

Asia Tenggara biasanya dibagi menjadi dua kelompok yaitu Asia Tenggara Daratan (ATD) dan Asia Tenggara Maritim (ATM). Berikut ini daftar negara yang termasuk dalam masing-masing kelompok.

    1. Kamboja
  • Asia Tenggara Daratan

2. Vietnam
3. Thailand
4. Laos
5. Myanmar




































  •  Asia Tenggara Maritim
Brunei











Filipina









Indonesia












Malaysia











Singapura










Timur Leste













Semua negara Asia Tenggara terhimpun ke dalam organisasi ASEAN. Timur Leste sebelumnya adalah bagian dari Indonesia. Namun kini Timur Leste sudah berpisah dari Indonesia Kemudian pada bulan Mei 2011 Timur Leste mengajukan diri untuk bergabung sebagai anggota ASEAN walaupun oleh beberapa pihak memiliki alasan politis. Menurut pihak tersebut Timur Leste dimasukkan ke dalam kawasan Pasifik

Secara Geografis dan Historis kepulauan Taiwan dan kepulauan Hainan juga termasuk ke dalam Asia Tenggara. alasannya adalah karena kedua pulau tersebut termasuk ke dalam kawasan Asia Timur. Namun Kepulauan Cocos dan Kepulauan Christmas yang terletak di bagian selatan Jawa oleh beberapa pihak dimasukkan ke dalam Asia Tenggara meskipun secara politik berada dibawah administrasi Australia. Sebaliknya Pulau Papua dimasukkan sebagai Asia Tenggara secara politik meskipun secara geologi sudah tidak termasuk kedalam Benua Asia.

Nama Asia Tenggara pertama digunakan pada abad ke 20. Sebelumnya nama Asia tenggara adalah India Belakang. Kenapa demikian itu karena Nama Asia Tenggara terletak di belakang benua India. Kawasan Asia Tenggara terdiri dari sebelas negara beberapa diantaranya berada di Daratan Utama (Mainland) yang dikenal sebagai Asia Tenggara Daratan (Indochina) dan sebagian lainnya merupakan kepulauan Asia Tenggara Maritim.

Dengan ditemukannya manusia di pulau Flores pada 2003 menandakan bahwa daerah Asia Tenggara telah ditinggali oleh manusia sejak 18.000 tahun yang lalu, dengan perkiraan 94.000 tahun yang lalu . Berdasarkan sejarah Asia Tenggara sebelum kerajaan tidak diketahui banyak .

    No comments:

    Post a Comment

    Kritik dan Sarannya