Translate

Monday, March 7, 2016

Dompet

Dompet

Siapa yang tidak kenal dengan dompet ? Dompet merupakan salah satu fasilitas untuk semua orang agar dapat menyimpan barang dan kartu ataupun foto seperti uang, kartu Kredit, ATM,SIM dan KTP.  Dompet juga merupakan salah satu aksesoris yang paling sering digunakan oleh laki-laki dan perempuan.

Zaman dahulu alat tukar uang berbentuk koin, namun karena uang yang berbentuk koin kurang efektif, maka bentuk uang pun berubah menjadi uang kertas. Untuk mengakomodasi keberadaan uang kertas, maka diciptakanlah dompet yang panjangnya memiliki ukuran yang sama dengan panjangnya uang kertas tersebut. Dengan adanya dompet hal ini menjadi lebih mudah, sebab kita tidak perlu repot-repot melipat, memasukkan uang kertas secara langsung kekantong, dan uang kita tidak akan menjadi rusak juga kotor. Selain itu kualitas dan bentuk uang akan tetap bagus dan terjaga.

Menurut Britannica Encyclopedia, istilah dompet berasal dari Istilah Fiscus. Istilah Fiscus itu sendiri diambil dari Bangsa Romawi. Fiscus berfungsi sebagai tempat untuk mengumpulkan uang kaisar. Pada saat itu uang dikumpulkan pada sebuah keranjang. Uang yang terkumpul di fiscus itu beberapa berasal dari upeti yang diberikan wilayah kekuasaan Romawi kepada Kaisar Romawi. Jadi dari sanalah sejarah dompet tersebut.

Sejarah lain menyebutkan bahwa dompet pertama kali diciptakan pada abad ke 17 di Eropa setelah mata uang kertas diterbitkan. Sebelumnya mata uang yang dipakai adalah bentuk koin kemudian dibawa dan di simpan dalam kantong serut. Biasanya kantong serut ini diletakkan di dekat ikat pinggang. Dan setelah mata uang kertas muncul maka beberapa orang mulai membutuhkan sebuah tempat yang praktis,serta mudah dibawa-bawa tanpa harus membawa uang kemana-mana. Dari sanalah terbentuk ide pembuatan dompet. Pada awalnya dompet dibuat dengan sangat simple sekali. Beberapa dompet terbuat dari bahan kulit sapi dan juga kulit kuda.

Pada tahun 1951, maka lahirlah sebuah Kartu Kredit. Dengan kemunculan Kartu Kredit maka desain dompet berubah. Design dompet terlihat ramping dan terdapat sekat-sekat di dalam dompet. Seperti yang kita tahu sekat-sekat tersebut berfungsi sebagai tempat untuk menaruh kartu-kartu.

Tepat pada abad ke 21, dompet hadir dengan berbagai macam. Bentuknya semakin beragam dan warnanya juga lebih elegan. serta diatur dengan gaya penggunanya. Tampilan-tampilan tersebut pada dasarnya hanya ingin menonjolkan sis tren dan fashionnya saja. Namun fungsi dompet tersebut tetaplah sama.

Dompet Pria dan Wanita itu memiliki tampilan berbeda. Kita juga bisa membedakan mana dompet pria dan wanita hanya dengan bentuknya. Seperti yang kita tahu dompet pria lebih cenderung simple dan dompetnya juga berbahan katun, kebanyakan pria menyukai dompet katun, sebab menurut mereka dompet berbahan katun itu mengarah pada gayanya yang kasual bisa juga santai yah walaupun beberapa dari pria juga ada yang menyukai dompet yang berbahan kulit. Dompet kulit menandakan bahwa gaya mereka cenderung elegant dan maskulin. Sedangkan Wanita itu lebih menyukai model dan motif yang unik.

No comments:

Post a Comment

Kritik dan Sarannya