Translate

Tuesday, March 8, 2016

Fakta Unik Sandal

Sandal

Siapa yang tidak tahu sandal ?
Sandal merupakan suatu alat yang berfungsi untuk melindungi kaki. Sandal memiliki banyak motif dan jenisnya. Salah satu perbedaan antara sepatu dan sendal bisa kita lihat dari alas kakinya. biasanya alas kaki pada sepatu terdapat di bagian dalam dan letaknya tertutup, namun sendal memiliki alas kaki yang terdapat dibagian luar juga letaknya terbuka. Tidak hanya alas kakinya saja yang terbuka tetapi juga bagian jari kaki dan tumitnya. Selain itu pada sendal terdapat tali penjepit, biasanya tali tersebut berbentuk V yang berfungsi sebagai penahan atau pelindung atau penjepit agar tidak terlepas dari pemakainya. Bentuk V pada tali saling berhubungan antara bagian depan dan bagian belakang pada sandal. Bagian alas pada kaki umumnya terbuat dari karet, plastik,kayu,ban bekas, dan Anyaman tali dan kemudian pada bagian bawah sendal biasanya rata dan tidak memiliki hak serta bagian atas tidak ada penutupnya.

Sandal pertama kali di temukan pada zaman Mesir kuno. Asal kata sandal adalah sandalion (Bahasa Yunani) yang diserap ke dalam bahasa latin menjadi Sandalium, bahasa perancis (Sandele) dan lain.lain. Sandal tertua ditemukan di Cave Rock Fork Amerika Serikat negara bagian Oregon diperkirakan sendal ini sudah berusia 10.000 tahun yang lalu. Sandal bermula dari alas kaki orang Yunani dan Romawi.

Berikut ini akan saya jelaskan sejarah sendal pertama kali.
  • Sandalion (Asal Usul sandal dalam bahasa Yunani) pertama kali digunakan oleh orang-orang Yunani dan Romawi Kuno. Saat itu sol dibuat oleh Gabus. Untuk membuat Gabus yang tidak cepat rusak maka penutup gabus tersebut dibuat dari kulit yang disatukan dengan cara dijahit dengan bagian Alas. Agar mudah berjalan dan tidak terlepas dari kaki pemakainya maka sandal dilengkapi dengan sabuk dan tali.
  • Di Inggris, Pertama kali sandal muncul pada era Victoria.  Pada saat itu Pangeran Albert adalah orang yang pertama kali memakai sandal. Pangeran Albert menggunakan sandal kulit bermotif polos dan berbahan kapas sutera. Kemudian sandal mulai berkembang di sana.
  • Pada tahun 1135-1189, Zhou Qu Fei salah seorang petugas dinasti selatan yang berkerja di Quanxi provinsi China mengatakan bahwa ada dua jenis sandal yang ia lihat dalam sebuah buku "Da Dai Wai Ling" salah satunya adalah JiaoZhi. Adapun jenis sandal yang dimaksudkan adalah ujung sandal bagian depan berbentuk seperti Jamur dan penutup sandal bagian atas juga bawahnya terbuat dari kulit.
  • Pada tahun 1868-1912 sandal mulai berkembang di jepang, Pada umumnya masyarakat jepang menggunakan alas kaki atau sandal saat dalam rumah ataupun diluar rumah.
Sebuah perusahaan asal Brazil berhasil membuat dan memproduksi sandal yang terbuat dari karet. Salah satu produk tersebut mereka beri nama Havaianas. Havaianas adalah salah satu merek eksklusif pada tahun 1962. Sandal tersebut mirip sendal Zori asal Jepang.

Dibawah ini adalah jenis sendal berdasarkan eranya

Era Mesir Kuno

1.Sandal pertama yang diciptakan manusia yang berasal dari Mesir. Sandal ini terbuat dari Kayu dan Daun Papirus. Untuk membentuk kakinya, kaki harus diletakkan diatas pasir pantai










Era Yunani

2.Model dan bentuknya disesuaikan dengan kegiatan yang mereka lakukan, seperti Jalan-jalan, Pesta ataupun pakai dirumah. Biasanya masing-masing sendal mencerminkan status dan kelas pemakai







Era Romawi

3. Model Sandal Romawi ini terinspirasi dari gaya sandal Yunani. Salah satu ciri khas dari sandal ini adalah Bahan dan sedikit di modifikasi. Biasanya bahan yang digunakan adalah bahan kulit. Hasil Modifikasi sandal ini adalah terdapat tali pengikat yang dililit sampai betis dengan hasil sol yang tebal. Biasanya mereka sering menyebutnya sebagai Caligae. Menurut para Prajurit dan Gladiator sandal ini nyaman dan terlihat bebas. Kaum Perempuan pada umumnya menggunakan sandal dari kain.

No comments:

Post a Comment

Kritik dan Sarannya