Translate

Saturday, March 5, 2016

Handphone

Handphone (HP)

Handphone adalah Suatu perangkat elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap namun dapat dibawa kemana-mana dan memiliki kemampuan untuk mengirim pesan berupa suara. Handphone memiliki nama lain Telepon Genggam atau biasa kita sebut Telepon Seluler.  Saat ini Indonesia mempunyai dua jaringan telepon nirkabel yaitu sistem GSM (Global System For Mobile Telecommunications) dan sistem CDMA (Code Division Multiple Access).

Handphone sudah tidak dapat dikategorikan sebagai barang Mewah di jaman sekarang , sebab kemajuan teknologi  sangatlah berkembang pesat. Hampir semua orang memiliki handphone. Dalam keseharian ini manusia hampir tidak bisa lepas dari barang ini. Apalagi dengan semakin berkembangnya handphone sehingga handphone memiliki berbagai fungsi sekaligus. Fungsi handphone saat ini sudah berkembang, tidak hanya sebagai media komunikasi namun memiliki banyak fungsi seperti media hiburan, media bisnis dan lain-lain. Saat ini perangkat ini sudah berganti nama, menjadi Smartphone atau yang sering kita sebut sebagai ponsel pintar. Selain itu sejarahnya juga perlu kita ketahui karena handphone yang kita gunakan tidak dibuat dengan cara yang istan, untuk itu kita simak sejarah handphone, dengan penjelasan dibawah ini.

Sejarah Handphone

Penemu Handphone pertama adalah Martin Cooper. Martin Copper adalah Salah satu seorang karyawan yang bekerja di perusahaan Motorola. Pertama kali Martin menemukan telepon genggam pada 03 April 1973. Versi lain menyatakan bahwa yang menemukan telepon genggam bukan hanya Martin Copper namun juga seluruh anggota dari divisi yang ada bersamanya. Ponsel pertama yang dirilis oleh Motorola adalah DynaTAC 8000X dengan berat 2 Kg (4.4 lb) pada tahun 1983. Ide ini muncul pertama kali adalah
karena  perangkat komunikasinya mini, mudah di bawa saat bepergian kemanapun dan cenderung fleksibel.

Generasi pertama system seluler Analog yaitu AMPS (Advance Mobile Phone Service). Versi AMPS dikenal sebagai NAMPS (Narrowband Advance Mobile Phone Service) yang bergabung dengan teknologi digital. Pada tahun 1981 muncul NMT (Nordic Mobile Telephone System). Kemudian pada tahun 1982 muncul GSM (Global System For Mobile Communication).

Pada awalnya disebutkan bahwa yang menggunakan teknologi sistem adalah  CDMA (Code Division Mobile Access). Karena secara digital akan meningkatkan kapasitas hingga 10-20 kali pada sistem selularnya. Meskipun konsep tersebut cenderung salah hal inilah yang menjadikan sistem CDMA menjadi mode transmisi pilihan pada pemasangan-pemasangan baru diatas sistem CDMA. Dahulu Indonesia memiliki dua jaringan telepon nirkabel yaitu GSM dan CDMA, tapi saat ini telah berubah pada era generasi baru yaitu era ke tiga atau 3G. Dimana generasi ini telah merambah ke layanan internet secara wireless.

Adapun tokoh lain yang berperan serta dalam pengembangan komunikasi selular adalah Amos Joel Jr. Amos sendiri lahir di Philadelphia 12 Maret 1918. Seperti yang kita ketahui Amos memang diakui di dunia, beliau merupakan pakar dalam bidang Switching. Amos sendiri merupakan seorang master dalam bidang teknik elektronik dari MIT pada tahun 1942. Ia memulai kariernya selama 43 tahun dari bulan Juli 1940 - Maret 1983 di Bell Telephone Laboratories. Ia membuat sistem penyambung Switching telgam dari satu wilayah ke wilayah sel lainnya. Sistem penyambung ini harus bekerja ketika pengguna telgam bergerak atau berpindah dari satu sel ke sel lainnya sehingga pembicaraan tidak terputus. Karena menurut dia telgam yang dibuat haruslah nyaman.



Handphone sendiri memiliki fungsi yang beragam, adapun fungsi handphone sendiri adalah sebagai berikut :
  • Sebagai Bisnis
           Handphone jenis ini ditunjukkan untuk anda yang menginginkan perangkat bisnis dalam ponsel anda, biasanya telah memiliki kemampuan yang tergolong Handphone cerdas atau disebut juga Smartphone. Di dalam smartphone ini terdapat banyak aplikasi berbagai bisnis. Biasanya bertujuan untuk memudahkan pekerjaan kantor baik itu dilihat ataupun dikerjakan.

  • Sebagai Hiburan
          Handphone jenis ini memiliki jenis yang berbeda-beda seperti Musik, Kamera dan media Sosial. Handphone ini lebih mengarah pada Multimedia, dimana semua aktivitas berhubungan satu sama lain.

  • Sebagai Fashion
          Handphone jenis ini lebih banyak mengandalkan penampilannya dan dapat membuat pemiliknya lebih puas meskipun dengan fitur yang terkesan sederhana. Handphone ini biasanya memiliki harga berkali-kali lebih mahal dari harga handphone tercanggih. Biasanya harga handphone jenis ini melebihi dari harga sebuah rumah.

Di dalam Handphone sendiri terdapat Dampak Negatif dan Positifnya khususnya buat para pelajar antara lain :

  • Dampak Positif
  1. Mempermudah Komunikasi
  2. Menambah Pengetahuan tentang perkembangan teknologi
  3. Memperluas jaringan persahabatan
  • Dampak Negatif
  1. Mengganggu Perkembangan Anak
  2. Efek Radiasi
  3. Rawan terhadap tindak kejahatan
  4. Sangat berpotensi mempengaruhi sikap dan perilaku siswa
  5. pemborosan

No comments:

Post a Comment

Kritik dan Sarannya