Translate

Sunday, March 13, 2016

Sarapan Pagi


Sarapan

Beberapa orang mungkin tahu akan pengertian dari sarapan, tapi sering kali kita mengabaikan sarapan.. Mungkin karena banyaknya aktivitas yang kita lakukan dipagi hari membuat kita lebih sering melupakan sarapan pagi. Padahal sarapan pagi penting untuk kebutuhan kita sebelum melaksanakan aktivitas. Kesibukan merupakan alasan utama orang untuk tidak memulai hari dengan sarapan.

Menurut Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia, Prof.Dr.Ir.H.Hardinsyah,MS menyatakan bahwa 7-10 orang masyarakat Indonesia tidak memenuhi kebutuhan sarapan sehat di pagi hari. Dan salah satu pesan dari PERMENKES (Peraturan Menteri Kesehatan) adalah Biasakan sarapan pagi hari. Selain itu beliau menuturkan bahwa sarapan sehat harus mencukupi empat hal. Pertama adalah jenisnya, terutama untuk makanan dan minuman. Kedua adalah tercukupinya kebutuhan gizi, kebutuhan gizi sarapan paling tidak seperempat atau sekitar 15-30% kebutuhan harian kita. Ketiga adalah makanan harus aman dan terbebas dari berbagai pencemaran dan yang keempat adalah waktu.

Membahas soal sarapan, sebenarnya kalian paham tidak apa itu sarapan ? Sarapan adalah suatu keadaan yang mengharuskan kita mengkonsumsi kebutuhan harian di pagi hari. Beberapa orang mungkin lebih sering menyebutnya sebagai makan pagi. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi seseorang untuk beraktifitas dipagi hari. Dengan adanya sarapan pagi seseorang dapat memenuhi kebutuhan energinya untuk memulai aktivitas Biasanya orang yang beraktifitas dipagi hari  akan lebih banyak membutuhkan energi. Waktu yang pas untuk sarapan pagi adalah jam 6 sampai jam 9 tepat sebelum kita memulai aktivitas belajar dan juga bekerja.

Sarapan tidak hanya makan pagi dengan bebas sesuka hati, tetapi sarapan juga ada cara,manfaat dan dampak baiknya. Menurut studi American Heart Association menyatakan bahwa cara sarapan yang baik adalah kita yang sarapan dipagi hari setelah 30 menit bangun tidur baru boleh sarapan . Menurut pakar Kesehatan Gizi makanan yang baik adalah makanan yang dapat memberikan energi untuk tubuh dalam menjalankan aktivitas. Makanan tersebut berupa Telur,Roti,Gandum,Susu,Sereal dan teh hangat.

Menurut dr.Titi Sekarindah MS,SpGk pakar diet RS Pusat Pertamina menyebutkan bahwa jumlah asupan kalori yang ideal untuk makanan yaitu sepertiga dari total kalori misalkan jumlah kalori sebanyak 1200 kalori maka sebaiknya kita hanya mengkonsumsi 400 kalori untuk sarapan.

Adapun manfaat sarapan dipagi hari yaitu :
  • Menurunkan Berat Badan
Jika ingin menurunkan Berat badan beberapa kilogram, melewatkan manfaat sarapan pagi adalah salah satu hal terburuk yang dapat dilakukan. Meskipun mungkin akan menghasilkan prokontra pada awalnya namun yang melewatkan sarapan pagi cenderung akan mengkonsumsi makanan berlemak dan makan lebih banyak dari sisa hari.

  • Sarapan Buah dan Sayuran
Seperti yang kita tahu bahwa buah dan sayuran adalah salah satu makanan sehat dan juga bermanfaat. Buah dan sayuran adalah salah satu asupan makanan yang baik untuk dimakan saat pagi dan sore hari.

  • Meningkatkan Energi
Apakah anda pernah merasa lesu dan lelah setelah tidak sarapan ? sudah pasti iya. Ada beberapa alasan untuk itu. Dipagi hari saat kita baru bangun itu adalah bagian titik terendah dari gula darah anda. Tanpa asupan penting, tubuh tidak berada pada bentuk terbaiknya. Maka dari itu makan pagi benar-benar membuat gula darah dan tingkat insulin meningkat lebih lambat sepanjang hari.

  • Memelihara Kesehatan Jantung
Orang yang  sarapan dipagi hari biasanya memiliki kadar kolesterol yang lebih rendah, garis pinggang yang lebih kecil dan sedikit insulin dalam darah. Seringkali orang yang melakukan sarapan cenderung membuat pilihan gaya hidup lebih sehat daripada yang tidak sarapan dipagi hari. meskipun penelitian belum yakin jika hal tersebut belum sepenuhnya benar hubungan manfaat sarapan pagi dengan hati sehat dan sangat mungkin komponen dari diet jantung sehat.

  • Pikiran yang fokus
Para peneliti telah membuktikan bahwa sarapan pagi mempunyai banyak dampak positif. Sarapan yang sehat dan seimbang akan membuat fungsi otak bekerja lebih efesien dan dapat meningkatkan konsentrasi serta memori jangka pendek.

  • Hidup lebih sehat.


Selain itu menurut studi dari American Journal of Epidemology pada tahun 2003 menyebutkan bahwa orang yang tidak sarapan cenderung lebih gemuk 4,5 kali dibandingkan dengan orang yang rutin sarapan, hal ini disebabkan karena orang yang tidak sarapan cenderung mereka lebih memilih makanan tidak sehat.

Sarapan dipagi hari merupakan hal yang boleh dibilang suatu kegiatan makan yang bersifat sederhana untuk dilakukan, tapi beberapa orang tidak suka untuk melakukannya, Karena menurut mereka sarapan pagi adalah sesuatu yang sangat menyita waktu, sehingga mereka melakukan aktivitas dipagi hari selalu dalam keadaan perut kosong Adapun dampak buruk tidak sarapan bagi tubuh menurut dr.Titi Sekarindah.MS.SpGk yang merupakan pakar diet RS Pusat Pertamina adalah :
  1. konsentrasi menurun
  2. daya tahan tubuh menjadi kurang baik
  3. gizi tidak seimbang
  4. badan terasa lebih lemah
Selain itu terdapat ada beberapa akibat jangka panjang untuk orang yang meninggalkan sarapan, salah satunya adalah terganggunya aktivitas harian dia. Dan menurut Hardiansyah sendiri orang yang tidak sarapan biasanya akan pusing-pusing. itu disebabkan karena dia kekurangan glukosa darah dari asupan karbohidrat yang kemudian perasaan akan terganggu dan kacau. Jika hal tersebut terus berlanjut, tubuh akan terasa lemas dan juga akan timbul banyak gejala lainnya. Seperti pingsan yang akan meningakt lebih parah dan gangguan mood. Gangguan mood biasanya akan mengganggu prestasi belajarnya saat hendak akan belajar disekolah

No comments:

Post a Comment

Kritik dan Sarannya